Jadwal Pelatihan

Berikut ini adalah jadwal pelatihan yang dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto. Silakan mendaftarkan diri di pelatihan yang sesuai dengan kualifikasi Bapak/Ibu dan pastikan Bapak/Ibu telah memiliki akun.

DETAIL INFORMASI JADWAL PELATIHAN
Kondisi Pendaftaran:
PENDAFTARAN TUTUP
Periode Pendaftaran:
02 - 03 Desember 2023
Jadwal Pelatihan:
04 - 08 Desember 2023
Nama Pelatihan:
Pelatihan Surveilan Campak Rubela Bagi Petugas Surveilans Bagi Petugas Surveilanas | Angkatan: 3
Metode:
Full Online
Sasaran Peserta:
SASARAN PESERTA SESUAI UNDANGAN
Sumber Dana:
-
Tempat Penyelenggaraan:
Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto
Kontak Person:
R. Rafli Giswanda (0818-62-50-40)
Lampiran Jadwal:
Surat Pemanggilan:
Kuota:
30 Orang
Pendaftar/Peserta:
0 pendaftar | 0 peserta
Keterangan:
Penurunan cakupan imunisasi rutin baru-baru ini disebabkan oleh berbagai faktor termasuk gangguan rantai pasokan, langkah-langkah lockdown atau penguncian dan berkurangnya ketersediaan tenaga kesehatan yang menyebabkan penghentian sebagian layanan vaksinasi selama puncak pandemi COVID-19. Kurangnya keterlibatan multisektoral dan komitmen pemerintah daerah juga menjadi masalah dalam pelaksanaan program imunisasi dan respons wabah. Kondisi ini mempengaruhi prioritas program daerah, perencanaan dan penganggaran, terutama untuk surveilans, respon imunisasi wabah, kegiatan imunisasi tambahan dan catch-up program.
Selain itu, peningkatan kapasitas laboratorium MR sangat penting untuk mendukung surveilans berbasis laboratorium. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara sistematis akan memperluas jumlah laboratorium yang melakukan pengujian serologis dan molekuler untuk campak dan rubella yang berada di bawah laboratorium kesehatan masyarakat Kemenkes. Kementerian Kesehatan mengidentifikasi laboratorium yang sesuai berdasarkan lokasi geografis, kemauan, kesiapan, kinerja masa lalu dan kepatuhan terhadap kontrol kualitas nasional dan mekanisme jaminan kualitas.
Seperti diketahui bahwa surveilans campak - Rubela  merupakan ujung tombak dalam upaya pencegahan dan pengendalian Campak-Rubela. Pelaksanaan surveilans di semua jenjang khususnya pada level puskesmas harus dilakukan oleh petugas surveilans yang terlatih sehingga mereka mampu melaksanakan surveilans Campak-Rubela dengan hasil yang maksimal.
Berdasarkan hal ini, disusun kurikulum pelatihan surveilans Campak-Rubela bagi petugas surveilans di Puskesmas. Kurikulum ini disusun sebagai acuan dan pedoman dalam pelaksanaan pelatihannya.

KELENGKAPAN ADMINISTRASI
NO. KELENGKAPAN ADMINISTRASI YANG PERLU DISIAPKAN
NOMOR 1.
KELENGKAPAN ADMINISTRASI YANG PERLU DISIAPKAN:
Surat Tugas


Mohon Untuk Tidak Memberikan Imbalan, Hadiah/Pemberian Dalam Bentuk Apapun Atas Pelayanan Yang Kami Berikan